Gulali

Amazing…

That’s candy. We call Gulali. Do you know?

Not the children but what shaped horse and butterfly. Yeah, horse and butterfly are candy, Gulali.

Image

Masih ingat jajanan tempo dulu yang terbuat dari gula? Jajanan ini termasuk jajanan yang langka. Sudah sangat sulit mendapatkannya. Anak-anak jaman sekarang mungkin saja banyak yang tidak mengenalnya, apalagi memakannya. Pada penjualnya, kita bisa minta dibuatkan Gulali berbentuk kuda, kupu-kupu, ikan, lumba-lumba, atau bunga, atau apapun yang penjualnya bisa buatkan.

Proses pembentukannya ada yang seperti digambar, atau dicetak pada alat pencetak, atau ada pula yang ditiup. Sebaiknya jangan membeli yang proses pembentukannya dengan cara ditiup. Dikuatirkan sang penjual mempunyai penyakit menular dan kita atau anak kita bisa tertular penyakit itu, karna memakan Gulali buatan penjual itu.

Lepas dari sakit penyakit yang mungkin ada dijajanan semacam ini, untuk membentuk Gulali diperlukan kemampuan artistik. Khususnya jenis yang diukir atau digambar seperti yang ada di foto. Tidak sembarang orang bisa membentuk gambar-gambar semacam itu.

Kalau boleh, saya lebih suka memasukkan Gulali yang dibentuk seperti di foto ini sebagai bentuk kesenian, bukan sekedar jualan jajanan. Karna, untuk membuatnya, diperlukan daya imajinasi dan kemampuan kesenian yang cukup. Lihat saja hasil Gulali yang ada di foto itu. Tampak artistik dan indah kan. Sebagai bentuk apresiasi kami terhadap kesenian, layaklah Gulali ini masuk kategori TASTE EXPERIENCE.

So, artistic, huh…

~ stephen leo ~

2 thoughts on “Gulali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s