la’pa’ dua’ kayu

IMG_2830

What’s that?

In Toraja language, we call  la’pa’ dua’ kayu. And, in Javanese, we call  utri. This is a food. Or, snack.  We make it from cassava.

Ini merupakan salah satu makanan tradisional yang Taste Experience. Rasanya lezat, gurih, dan manis. Biasanya, kita menjumpai yang dikukus, seperti foto di atas. Ada pula yang dibuat dengan cara dibakar, seperti foto yang ada di bawah ini.

IMG_2831

Dulu, saya berpikir makanan atau jajanan ini hanya ada di tanah Jawa. Ternyata mereka yang tinggal di Tana Toraja juga mengenalnya, dan menyukainya. Mungkin, di daerah lain juga mengenalnya dengan sebutan daerah masing-masing. Sehingga daerah yang satu dengan daerah yang lain tidak bisa mengklaim bahwa jajanan ini adalah makanan asli dari satu daerah tertentu. Karna itu, saya lebih suka menyebut jajanan ini sebagai makanan khas dari Nusantara. Sehingga, kita, semua orang Indonesia bisa dengan bangga memperkenalkan makanan / jajanan ini sebagai makanan / jajanan tradisional bangsa, tanpa hari mempersoalkan asalnya. Karna kita adalah satu, yaitu bangsa Indonesia.

~ Stephen Leo ~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s